Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok B di TK IT Raudhatul Qur'an (Kec. Ciater Subang)

Authors

  • Marina Trie Ramadhany Gunawan STAI Sabili Bandung
  • Siti Aminah STAI Sabili Bandung

Keywords:

mengenal angka, PAUD, permainan media kartu angka, PTK, anak usia dini

Abstract

Standar kompetensi yang dikuasai anak dalam aspek kognitif berdasarkan kurukulum TK tahun 2013, anak mampu mengenal berbagai konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan observasi awal, hasil belajar anak di Kelompok B di TK IT Raudhatul Qur'an pada kemampuan mengenal angka dari seluruh anak memperoleh hasil yang kurang memuaskan dengan kategori mulai berkembang sebesar 66%. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran terkait pengenalan angka di Kelompok B di TK IT Raudhatul Qur'an masih belum optimal. Permainan kartu angka dipandang mampu meningkatkan hasil belajar anak pada materi mengenal angka. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kondisi awal kemampuan anak dalam mengenal angka sebelum dan sesudah diterapkan metode permainan kartu angka melalui permainan kartu angka pada anak Kelompok B di TK IT Raudhatul Qur'an. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak setelah mendapatkan tindakan berupa permainan kartu angka.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Gunawan, M. T. R., & Aminah, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka melalui Media Kartu Angka pada Anak Kelompok B di TK IT Raudhatul Qur’an (Kec. Ciater Subang). IZZAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–7. Retrieved from https://izzan.stai-sabili.net/index.php/JM/article/view/12